THE EFFECT OF SERVICE QUALITY ON CUSTOMER SATISFACTION: A CASE STUDY OF THE PERFORMANCE OF RADIO REPUBLIK INDONESIA (RRI) IN CIREBON

Authors

  • Adelia Adelia Universitas Swadaya Gunung Jati
  • Selviana Selviana Universitas Swadaya Gunung Jati
  • Fitri Rahmawati Universitas Swadaya Gunung Jati
  • Jefry Romdony Universitas Swadaya Gunung Jati

DOI:

https://doi.org/10.46799/ijssr.v4i6.794

Keywords:

service quality, customer satisfaction, performance, Radio Republik Indonesia

Abstract

The purpose of this study is to investigate the effect of the service quality of Radio Republik Indonesia (RRI) in Cirebon on the level of customer satisfaction. The study was conducted through an observational interview. The interviews were conducted to get first-hand views and experiences from RRI customers regarding the quality of service they received and their satisfaction level. It was found that aspects such as broadcast program quality, sound quality, staff friendliness, and ease of access to information were the main factors that contributed to customer satisfaction, which shows that the high quality of services provided by the radio station will increase customers' satisfaction. This study can be used as a theoretical foundation for further research in this area and a reference for other broadcasting organizations interested in improving their customer experience. It can also enrich the literature on service quality management and customer satisfaction in the media and communication sectors.

References

Arianty, N. (2015). Pengaruh Kualitaspelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Handphone Samsung. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 16(2).

Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022). MODEL KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI KEPUASAN KONSUMEN PADA MARKETPLACE: KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN (LITERATURE REVIEW MANAJEMEN PEMASARAN). JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 3(1). https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.867

Fitra, K., & Miten, J. (2018). ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN KARYAWAN PADA RADIO REPUBLIK INDONESIA ( RRI ) JAMBI. Jurnal Manajemen Sistem Informasi, 3(2).

Handoko, B. (2017). Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Titipan Kilat JNE Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 18(1), 61–72. https://doi.org/10.30596/jimb.v18i1.1098

Hendarwan, D. (2022). ANALISIS STRATEGI MARKET DRIVEN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING PERUSAHAAN. Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Teknologi Dan Seni, 1(2).

Hidayat, S., & Najicha, S. H. (2023). Transformasi Industri Menuju Digitalisasi dan Dampaknya Pada Ketenagakerjaan Serta Dinamika Hubungan Kerja di Indonesia.

Ismail, T., & Yusuf, R. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Kantor Indihome Gegerkalong Di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(3).

Krisnawati, S. N. (2016). Analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan SPBU No. 64.751.15 Samarinda. E Journal Administrasi Bisnis, 2(1).

Laela, N. (2021). Manajeman Komunikasi Rri Cirebon Pada Program “Belajar Di Rri” Live Streaming Youtube Untuk Meningkatkan Jumlah Penonton Di Era Digital [Doctoral Dissertation]. IAIN Cirebon.

Maharani, D. (2021). STRATEGI RRI (RADIO REPUBLIK INDONESIA) PALEMBANG MEMPERTAHANKAN MINAT PENDENGAR DI ERA DIGITALISASI PENYIARAN. Publikasi Penelitian Terapan Dan Kebijakan, 4(1). https://doi.org/10.46774/pptk.v4i1.334

Mahira, Hadi, P., & Nastiti, H. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Indihome Tanjung Priok Jakarta Utara. Journal Of Communication Education, 15(1).

Pawirosumarto, S. (2016). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem E-Learning. Jurnal Ilmiah Manajemen, 6(3).

Rohaeni, H., & Marwa, N. (2018). Kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Ecodemica, 2(2).

Sasongko, S. R. (2021). FAKTOR-FAKTOR KEPUASAN PELANGGAN DAN LOYALITAS PELANGGAN (LITERATURE REVIEW MANAJEMEN PEMASARAN). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(1). https://doi.org/10.31933/jimt.v3i1.707

Setiadi, K. P., & Manafe, L. A. (2021). PENERAPAN KUALITAS PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN PADA PT ETOS SURYANUSA. KALIANDA HALOK GAGAS, 4(1). https://doi.org/10.52655/khg.v4i1.7

Setyawati, R. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen. INOVASI: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Manajemen, 19(1).

Syahidah, A. A. (2021). Proses Komunikasi Dialog Interaktif pada Radio Republik Indonesia (RRI) Cirebon 94.8 FM dengan Pendengar [Undergraduate Thesis]. UIN Jakarta.

Wicaksono, D. A. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan (Suatu Kajian Teoritis). Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3).

Wulandari, Z. P., Mulyati, A., & Tjahjono, E. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Marketplace Shopee). Jurnal Dinamika Administrasi Bisnis, 6(1).

Downloads

Published

2024-06-24