The Effect of Service Quality, Company Image and Trust on Customer Satisfaction of Muamalat Bank

Authors

  • Tommy Anggoro Faculty of Economics and Business, Universitas Nasional
  • Subur Karyatun Faculty of Economics and Business, Universitas Nasional
  • Kumba Digdowiseiso Faculty of Economics and Business, Universitas Nasional

DOI:

https://doi.org/10.46799/ijssr.v4i02.708

Keywords:

Service Quality, Company Image, Trust, Customer Satisfaction

Abstract

This study aims to address the existing research gap by investigating the impact of service quality, company image, and trust on customer satisfaction at Bank Muamalat Fatmawati branch, South Jakarta. The sample comprises 100 respondents who are customers of the mentioned branch. Primary data was collected through the distribution of questionnaires, and the data analysis utilized inferential analysis, employing multiple linear regression via the Statistical Product and Service Solution (SPSS) version 23.0 program. The results of the multiple linear regression analysis reveal that the service quality variable has a positive and significant influence on customer satisfaction at Bank Muamalat Fatmawati branch, South Jakarta. Similarly, the corporate image variable exhibits a positive and significant impact on customer satisfaction at the same branch. Additionally, the variable of trust demonstrates a positive and significant influence on customer satisfaction at Bank Muamalat Fatmawati branch, South Jakarta.

References

Aaker, D. 2009. Manajemen Ekuitas Merek. Alih Bahasa: Aris Ananda. Edisi revisi. Mitra Utama, Jakarta.

Andriyani, M dan R. Ardianto. 2020. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Nasabah Bank. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis 1 (02): 133–40.

Deliyanti, O. 2010. Manajemen Pemasaran Modern. Laksbang Pressindo.Yogyakarta.

Darmawan, Zulfikri. C. dan A. A. Ridlwan. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Perbankan Syariah. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam 3 (2): 107–15.

Fandy, T. 2011. Service Quality and Satisfaction. 3th ed. Andi. Yogyakarta. Fandy, T. 2012. Strategi Pemasaran. Edisi 4. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Ghozali, I. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Hasan, A. 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. CAPS (Center For Academic Publishing Service). Yogyakarta.

Hendrison dan N. E. Husda. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi Dan Citra perusahaan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Pt Asuransi Reliance Indonesia. Magisma: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis 8 (1): 34–42.

Husein, U. 2013. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Rajawali. Jakarta.

Hutasoit, Apren, H., Sugianta. O. G. dan Eric. 2020. Kualitas Layanan, Promosi, Citra perusahaan Terhadap Kepuasan Nasabah PT Bank BTPN Tbk Cabang Medan. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia 3 (4): 474–81.

Irawan, Handi. 2003. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT. Elexmedia Komputindo.

Khakim, L. 2015. Pengaruh kualitas pelayanan, harga dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan dengan variable Kepuasan pelanggan sebagai variable intervening pada pizza hut cabang simpang lima. Journal of management. ISSN : 2442-4064. Vol. 1. No.1.

Kotler, Philip. (2002). Manajemen Pemasaran 1. Milenium ed. Jakarta : PT. Prenhallindo

Kotler, P dan G. Amstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi12. Erlangga. Jakarta.

Kotler, P dan G. Amstrong. 2015. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi13. Jilid 1. Erlangga. Jakarta.

Kotler, P. dan K. L. Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Terjemahan Bob Sabran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Kotler, P. dan K. L. Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jaya Cemerlang. Jakarta.

Kotler, P dan K. L. Keller. 2016. Marketing Management. Edisi 15. Harlow: Pearson Education.

Kustini, N. I. 2011 ‘Experiential Marketing, Emotional Branding, and Brand Trust and Their Effect on Loyalty on Honda Motorcycle Product’, Journal of Economics, Business, and Accountancy | Ventura, 14(1), pp. 19–28. doi: 10.14414/jebav.v14i1.12.

Lailiyah, N. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan merek Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variable Intervening Pada Hijab Medyna Colletion Situs Shop Online. JIMMU: Jurnal Ilmu Manajemen. ISSN: 2541-6030. Vol. 5. No. 1.

Lubis. 2010. Bank & Lembaga Keuangan Lain. medan.

Mawey, Thalia. C, Altje, L. T. dan I. W. J. Ogi. 2018. Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah PT Bank Sulutgo. EMBA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi. Vol. 6. No. 3. : 1198 - 1207.

Meilani, Lira Arlia. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra perusahaan Terhadap Kepuasan Nasabah The Effect Of Service Quality And Corporate Image To Customer Satisfaction. Maro : Jurnal Ekonomi Syariah dan Bisnis. 2 (2): 143–52.

Mulyaningsih, Luh. A, dan I. G. A. K. G. Suasana. 2016. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Citra perusahaan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Ocbc Nisp Di Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana. 5 (1) : 252130.

Olson, R.W., and W. Joyce. 2010. Menjadi Super Kreatif Melalui Metode Pemetaan-Pikiran. Bandung.

Priansa, D. 2017 Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Alfabeta. Bandung.

Purwa, Ida. B. N. S. dan I. G. A. K. S. Ardani. 2017. Peran Kepercayaan Nasabah Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana. 7 (1): 192.

Sangadji, E. M. and Sopiah (2013) Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis. Andi Offset. Yogyakarta.

Sari, Sella. K. 2014. Pengaruh Citra perusahaan Terhadap Minat Konsumen (Evaluasi Penjualan Jasa Kamar Aston Karimun City hotel). Jom FISIP. Vol. 2. No. 1.

Soemirat, Sholeh dan Elvinaro Ardianto. 2007. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: Simbiosa Rekatama.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kombinasi. Edisi 2. Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung.

Sugiyono. 2017. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Edisi 2. Alfabeta. Bandung.

Tantri, Abdullah &. 2014. Manajemen Pemasaran. Depok: RajaGrafindo Persada. Tasunar, Nanang. 2012. Pengaruh Kualitas Jasa Bank Syariah Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Semarang. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis. 1 (1).

Triyadi, Rizka, W. A. dan A. Khoir. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra perusahaan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank Danamon TBK Cabang Bintaro. Jurnal Ekonomi Efektif . 3 (4). ISSN : 2622 – 8882.

Valerie dan M.J. Bitner. 2008. Servive Marketing. The McGraw Hill Companies. Inc.

Downloads

Published

2024-02-02