The Influence of Communication and Work Environment on the Performance of Junior Highschool State 13 Bogor Teachers

Authors

  • Rawit Sartika Universitas Bina Sarana Informatika
  • Panji Sutrariadi Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.46799/ijssr.v3i12.646

Keywords:

Communication, Work Environment, Teacher Performance

Abstract

This study aims to explain the effect of communication on teacher performance, work environment on teacher performance, and communication and work environment on teacher performance at Junior Highschool State 13 Bogor. Quantitative descriptive methods were used in this study. The population is teachers of Junior Highschool State 13 Bofor with a sample of 100 teachers taken using a simple random sampling technique. Research instruments using questionnaires. Data analysis uses multiple linear regression tests by performing t tests, F tests, and coefficient of determination (R Square) analysis. The results showed that communication has an influence on teacher performance, the work environment has an influence on teacher performance, and communication and work environment have an influence on teacher performance at Junior Highschool State 13 BOGOR.

References

Amin, M. A. S. (2022). PERILAKU KOMUNIKASI DAN MOTIVASI KERJA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 511–519. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2256

Anwar, C. R. (2020). KOMUNIKASI PENDIDIKAN Dosen dan Budaya Kampus. Penerbit Lakeisha.

Arep, I., & Tanjung, H. (2003). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Universitas Trisakti.

Arianto, D. A. N. (2013). Pengaruh kedisiplinan, lingkungan kerja dan budaya kerja terhadap kinerja tenaga pengajar. Jurnal Economia, 9(2), 191–200.

Asiyah, S. (2018). Implementasi komunikasi verbal dan non verbal dalam kegiatan public speaking santri di pondok pesantren darul falah amtsilati putri bangsri jepara. An-Nida: Jurnal Komunikasi Islam, 10(2).

Brahmana, D. A. B., & Sitepu, E. (2020). Pola Komunikasi Organisasi Dalam Peningkatan Kinerja Pegawai Di Kantor Lurah Gung Leto Kecamatan Kabanjahe. JURNAL SOCIAL OPINION: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 5(2), 96–104.

Caksana, N. P. E. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening Pada Sman 1 Tulungagung. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 4(1), 82–92.

Candana, D. M., Putra, R. B., & Wijaya, R. A. (2020). Pengaruh Motivasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Disiplin Kerja Sebagai Variabel Intervening Pada Pt Batang Hari Barisan. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(1), 47–60.

Darmawan, D. (2015). Peranan Motivasi Kerja, Kedisiplinan, dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru SD di Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Pendidikan Indonesia, 1(3), 173–182.

Dewi, S. K., & Frianto, A. (2013). Pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan melalui motivasi. Jurnal Ilmiah Manajemen, 1(4), 1055–1065.

Djazilan, M. S., & Darmawan, D. (2022). Komunikasi Kerja dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah untuk Mengembangkan Motivasi dan Kinerja Guru. Journal on Teacher Education, 4(2), 1065–1077.

Dwiana Mustawan, M. (2019). Pengaruh Keterampilan Komunikasi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Sekolah Dasar Negeri Lisanpuro 2 Kota Malang. Widya Aksara?: Jurnal Agama Hindu, 24(1), 1–6. https://doi.org/10.54714/widyaaksara.v24i1.43

Efriyanti, R., Arafat, Y., & Wahidy, A. (2021). Pengaruh Komunikasi Kepala Sekolah dan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1317–1328.

Eriyanti, E., Arafat, Y., & Eddy, S. (2021). Pengaruh komunikasi interpersonal dan manajemen konflik terhadap kinerja guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2998–3004.

Farikhah, S. (2015). Manajemen lembaga pendidikan. Aswaja Presindo.

Fatmawati, Z., Bafadal, I., & Sobri, A. Y. (2018). KOMUNIKASI KEPALA SEKOLAH DENGAN WARGA SEKOLAH UNTUK MEWUJUDKAN VISI DAN MISI SEKOLAH. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(2), 198–205. https://doi.org/10.17977/um027v1i22018p198

Handayani, D. (2019). PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN, MOTIVASI, SERTA LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMK NEGERIBANYUASIN. Jurnal Ilmu Manajemen, 6(2), 140. https://doi.org/10.32502/jimn.v6i2.1583

Handayani, S. (2017). Peningkatan profesional guru melalui komunikasi informal. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 24(1), 91–97.

Hartawati, S. I., & Sahur, M. A. (2020). PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN MAJENE. JURNAL LENTERA BISNIS, 9(2), 121. https://doi.org/10.34127/jrlab.v9i2.385

Hasibuan, M. S. P. (2006). Manajemen sumber daya manusia, cetakan kedelapan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Kartini, K., Ahmad, S., & Eddy, S. (2020). Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru. Journal of Education Research, 1(3), 290–294.

Kulju, P., Kupiainen, R., Wiseman, A. M., Jyrkiäinen, A., Koskinen-Sinisalo, K.-L., & Mäkinen, M. (2018). A review of multiliteracies pedagogy in primary classrooms. Language and Literacy, 20(2), 80–101. https://doi.org/10.20360/langandlit29333

Kurniawan, B. (2017). Kepuasan Kerja Memoderasi pengaruh Lingkungan Kerja dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri 1 Pati. PROCEEDINGS, 1(1).

Kusumastuti, I., ita Kurniawati, N., Loka Satria, D., & Wicaksono, D. (2019). ANALISIS PENGARUH LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DIMEDIASI OLEH KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA SP ALUMUNIUM DI YOGYAKARTA. Jurnal Riset Ekonomi Manajemen (REKOMEN), 3(1), 43–53. https://doi.org/10.31002/rn.v3i1.1540

Lestiawati, N. (2019). PENGARUH KOMUNIKASI ORGANISASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SMA NEGERI 2 KOTA SINGKAWANG. Equator Journal of Management and Entrepreneurship (EJME), 7(2).

Manullang, N. T. (2016). Pengaruh Kinerja Guru Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sdk Penabur Bandarlampung. Jurnal Manajemen Magister Darmajaya, 2(02), 159–172.

Maryamah, E. (2017). Pengembangan budaya sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 2(02), 86–96.

Mukhlasin, A. (2017). Pola Komunikasi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru di SD Islam An-Nizam. Benchmarking-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2).

Murniasih, Y., Djuniadi, D., & Rahardjo, T. J. (2016). Pengaruh Supervisi Akademik, Komunikasi Interpersonal dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru di Jepara. Educational Management, 5(2), 148–155.

Nilasari, S., Fitria, H., & Rohana, R. (2020). Pengaruh Komunikasi Interpersonal dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru. Attractive?: Innovative Education Journal, 2(3), 15. https://doi.org/10.51278/aj.v2i3.72

Ningsih, P. (2019). Pengaruh Komitmen, Kompetensi, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Kecamatan Pasangkayu Kabupaten Mamuju Utara (Study Kasus pada SMA Negeri 1 Pasangkayu dan MA DDI Pasangkayu). Katalogis, 4(11).

Nitisemito, A. S. (2006). Manajemen Personalia, edisi kedua. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nofrion, K. P. (2016). Penerapan dalam Konsep Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Norianggono, Y. C. P., Hamid, D., & Ruhana, I. (2014). Pengaruh lingkungan kerja fisik dan non fisik terhadap kinerja karyawan (Studi pada karyawan PT. Telkomsel Area III Jawa-Bali Nusra di Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 8(2). https://doi.org/10.47467/reslaj.v6i1.3362

Nugroho, S. (2020). Kontribusi komunikasi dan keterampilan manajemen konflik kepala sekolah terhadap kinerja guru. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 7(1), 17–25. https://doi.org/10.21831/jppfa.v7i1.24774

Nurasiah, N., & Zulkhairi, Z. (2021). Efektivitas Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(4), 658. https://doi.org/10.22373/jm.v11i4.5403

Nuryasin, I., Musadieq, M., & Ruhana, I. (2016). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Malang). Brawijaya University.

Oktarina, E., Makhdalena, M., & Caska, C. (2020). PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI SE KOTA PEKANBARU. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan), 8(1), 84. https://doi.org/10.31258/jmp.8.1.p.84-94

Pakpahan, G. E., Simanjutak, J., Nababan, S., & Sudirman, A. (2019). Pengaruh budaya organisasi, komunikasi dan kompetensi guru terhadap kinerja guru sma swasta sultan agung pematangsiantar. Kinerja, 16(2), 131–138.

Prasisca Devi, I. A. G. D., & Wiyasa, I. K. N. (2021). Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(2), 278–287. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.32814

Prihantoro, A. (2015). Peningkatan kinerja sumber daya manusia melalui motivasi, disiplin, lingkungan kerja, dan komitmen. Deepublish.

Prijosaksono, A., & Mardianto, M. (2003). The power of transformation. Elex Media Komputindo.

Pujianto, P., Arafat, Y., & Setiawan, A. A. (2020). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Air Salek. Journal of Education Research, 1(2), 106–113. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.8

Rahawarin, C., & Arikunto, S. (2015). PENGARUH KOMUNIKASI, IKLIM ORGANISASI DAN GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SMA. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(2), 173–188. https://doi.org/10.21831/amp.v3i2.6334

Ramadan, M. A., Andriana, I., & Farla, W. (2023). Pengaruh Lingkungan Kerja Non Fisik terhadap Kinerja Karyawan: Reslaj?: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(1), 212–220. https://doi.org/10.47467/reslaj.v6i1.3362

Sari, R. W. (2019). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Komunikasi Terhadap Kinerja Di Bumn Pt. Inhutani Iv Kab. Pasaman. Jurnal Menara Ekonomi: Penelitian Dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi, 5(3).

Sedarmayanti, S., & Rahadian, N. (2018). Hubungan Budaya Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Peningkatan Kinerja Pegawai Pada Lembaga Pendidikan Tinggi. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 15(1), 63–77. https://doi.org/10.31113/jia.v15i1.133

Sumali, A., & Pratama, A. Y. (2019). Pengaruh Komunikasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Sdn Parakan-Tangerang Selatan. JENIUS–Jurnal Ilmiah Manajemen SDM, 2.

Suwondo, D. I., & Sutanto, E. M. (2015). Hubungan lingkungan kerja, disiplin kerja, dan kinerja karyawan. JURNAL MANAJEMEN & KEWIRAUSAHAAN, 17(2), 135–144.

Weol, D. H. (2015). Pengaruh lingkungan kerja, pelatihan dan penempatan terhadap kinerja pegawai di Dinas Pendidikan Nasional provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 15(5).

Wicaksana, R. H., Suddin, A., & Rahadhini, M. D. (2017). Analisis pengaruh lingkungan kerja, motivasi kerja dan kompensasi terhadap kinerja. JURNAL EKONOMI DAN KEWIRAUSAHAAN, 17(3).

Yasa, I. P. S. , & U. I. W. M. (2014). Pengaruh kompensasi dan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja dan kinerja karyawan pada Karma Jimbaran.

Yuneti, A., Hamdan, H., & Prananosa, A. G. (2019). Kepemimpinan Partisipatif dan Komunikasi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Journal of Administration and Educational Management (Alignment), 2(2), 113–125. https://doi.org/10.31539/alignment.v2i2.1011

Yusuf, N. (2018). Pengaruh Kepemimpinan, Tanggung Jawab, Kedisiplinan Dan Kerjasama Terhadap Kinerja Pegawai di Universitas Gorontalo. Gorontalo Development Review, 1(1), 15. https://doi.org/10.32662/golder.v1i1.111

Downloads

Published

2024-01-04